YAMAHA R1M Review & Spesifikasi - All New Yamaha R1M mengusung teknologi MotoGP, jadi wajar apabila
harganya sangat mahal. Dari segi desain memang tidak berbeda jauh dengan
Yamaha R1. Namun soal teknologi sangat jauh berbeda. Motor ini juga
mengusung mesin 4 Silinder Crossplane Crankshaft Superbike yang membuatnya menjadi salah satu motor
tercepat di dunia. Mesin tersebut berpadu sempurna dengan beragam fitur
canggih yang mengoptimalkan kemampuan akselerasi dan kecepatan R1M. Untuk mengetahui apa saja fiturnya, silahkan simak informasi di bawah
ini.
HARGA ; 800 Juta Rupiah - Carbon Fiber / Liquid Metal
Jenis mesin : 998cc, liquid-cooled inline 4 cylinder DOHC; 16 katup
Bore x Stroke : 70,0 mm x 50,9 mm
Rasio kompresi : 13.0: 1
Pengiriman Bahan Bakar : Injeksi Bahan Bakar dengan YCC-T dan YCC-I
Pengapian : TCI: Transistor Controlled Ignition
Transmisi : 6-speed; multiplate assist dan slipper clutch
Bagian terakhir : Rantai
Suspensi / Depan : Suspensi elektronik 43mm Öhlins® dengan garpu terbalik; sepenuhnya dapat disesuaikan; Perjalanan 4,7 inci
Suspensi / Belakang : Suspensi elektronik Öhlins® dengan satu kejutan; sepenuhnya dapat disesuaikan; Perjalanan 4,7 inci
Rem / Depan : Cakram hidrolik ganda 320mm; Sistem Rem Terpadu dan ABS
Rem / Belakang : Disk 220mm; Unitied Brake System dan ABS
Ban / Depan : 120 / 70ZR17
Ban / Belakang : 200 / 55ZR17
L x W x H : 80,9 in x 27,2 in x 45,3 in
Tinggi Kursi : 33,9 masuk
Jarak roda : 55,3 inci
Rake (Caster Angle) : 24,0 °
Jejak : 4.0 in
Ground Clearance Maksimum : 5.1 in
Kapasitas bahan bakar : 4,5 gal
Ekonomi Bahan Bakar : 34 mpg
Berat basah : 443 lb
Jaminan : 1 Tahun (Garansi Pabrik Terbatas)
- Crossplane Crankshaft Superbike
YZF-R1M® memiliki crankshaft crossplane ringan dan kompak, mesin segaris empat silinder segaris 998cc. Menampilkan batang penghubung perpatahan pecahan titanium, blok
silinder offset dan penutup magnesium, motor ini memberikan tenaga kuda
yang sangat tinggi dan denyut kuat torsi linier untuk kinerja yang luar
biasa, semua dibungkus dalam bodywork MotoGP® bergaya aerodinamis
- Paket Elektronik Terkemuka Kelas
YZF-R1M menampilkan paket elektronik paling canggih yang pernah
ditawarkan pada mesin supersport, dengan serangkaian teknologi yang
saling terkait yang memungkinkan pengendara menikmati berbagai kinerja
dengan kenyamanan, kontrol, dan kemudahan pengoperasian yang lebih besar
daripada sebelumnya.
- The Ultimate MotoGP-Derived Supersport
YZF-R1M
dilengkapi dengan Öhlins® Electronic Racing Suspension (ERS), bodywork
serat karbon, dan Communication Control Unit (CCU) dengan GPS yang
memungkinkan pengendara untuk menangkap data berkendara dan kemudian
mengunduhnya melalui WiFi ke smartphone Yamaha Y-TRAC dan aplikasi tablet. Setelah data diunduh, pengendara dapat menganalisis langsung melalui peta trek GPS. Pengaturan perubahan kemudian dapat dilakukan melalui aplikasi Pengaturan YRC dan diunggah kembali ke R1M.
- MotoGP-Level Controllability
YZF-R1M
memelopori penggunaan Six-axis Inertial Measurement Unit (IMU) pertama
yang pernah ditawarkan pada sepeda motor jalanan. IMU
terdiri dari sensor gyro yang mengukur pitch, roll, dan yaw, serta
accelerometer yang mengukur akselerasi dalam arah depan-belakang,
atas-bawah, dan kanan-kiri ... semua pada tingkat 125 perhitungan per
detik. Dengan menghitung setiap sinyal, IMU menemukan posisi dan gerakan
kendaraan yang tepat, dan mengkomunikasikannya ke ECU, memungkinkannya
untuk mengontrol sistem sepeda.
YZF-R1M
dilengkapi dengan Kontrol Traksi yang sensitif terhadap perbankan dan
ABS terpadu, serta Kontrol Geser, Kontrol Peluncuran, dan banyak lagi. Untuk
2018, Sistem Pergeseran Cepat diperbarui untuk memberikan kemampuan
naik dan turun, secara otomatis menyesuaikan kecepatan engine pada
penurunan gigi turun untuk perpindahan tanpa cengkeraman yang cepat di
kedua arah. Sistem Kontrol Pengangkatan Roda juga disempurnakan untuk intervensi yang lebih mulus dan peningkatan drive ke depan.
Bingkai
aluminium Deltabox® yang canggih menggunakan engine sebagai bagian
chassis yang ditekan dan dirancang untuk memberikan keseimbangan
rigiditas longitudinal, lateral, dan torsi optimal. Suspensi depan dan belakang yang dapat disetel sepenuhnya menghasilkan penguasaan jalan dan tuneabilitas yang luar biasa.
- Transmisi Bertumpuk Ringkas
Transmisi 6-speed memiliki fitur rasio jarak dekat yang paling sesuai dengan mesin revving tinggi. Transmisi
juga "menumpuk" poros input / output untuk memusatkan massa dan untuk
menjaga ukuran mesin secara keseluruhan lebih pendek dari depan ke
belakang, yang mengoptimalkan penempatan mesin dalam rangka untuk
keseimbangan berat yang luar biasa.
- Sistem Quick Shift yang Diperbarui (QSS)
QSS baru pada 2018 YZF-R1M menampilkan kemampuan downshifting serta memungkinkan upshifting tanpa cengkeraman penuh-throttle. Pada
downshifts, ECU mencocokkan kecepatan engine pada setiap penurunan gigi
untuk perubahan gigi seketika dengan gangguan chassis minimal.
- Refined Wheel Lift Control (LIF)
Untuk
tahun 2018, Sistem Kontrol Angkat R1M diperbarui dengan pemetaan yang
lebih progresif untuk meningkatkan drive ke depan ketika sistem
melakukan intervensi.
- Diperbarui Penyesuaian ERS
R1M
2018 memiliki mode penyesuaian baru untuk Öhlins® Electronic Racing
Suspension, untuk menyederhanakan opsi tuning dan pengaturan sepeda.
- Mesin Crossplane Cutting-Edge
The
998cc inline 4-silinder, crossplane crankshaft engine fitur titanium
patah-membagi batang penghubung, yang merupakan industri pertama untuk
sepeda motor produksi. Paduan
titanium yang digunakan untuk memproduksi batang penghubung sekitar 60%
lebih ringan dari baja, dan pengurangan berat ini memberikan mesin R1M
karakter yang responsif dan kuat pada rpm tinggi. Mesin yang memukau ini menghasilkan horsepower yang sangat tinggi dan pulsa torsi linier yang kuat.
- Transmisi Bertumpuk Ringkas
Transmisi 6-speed memiliki fitur rasio jarak dekat yang paling sesuai dengan mesin revving tinggi. Transmisi juga "menumpuk" poros input / output untuk memusatkan
massa dan untuk menjaga ukuran mesin secara keseluruhan lebih pendek
dari depan ke belakang, yang mengoptimalkan penempatan mesin dalam
rangka untuk keseimbangan berat yang luar biasa.
Pengaktifan katup rocker-arm yang canggih menggunakan rasio tuas
lengan untuk memungkinkan pengangkatan katup yang lebih besar saat
menggunakan lobus cam lebih rendah dan mengurangi tekanan pegas, yang
selanjutnya meningkatkan daya.
Penutup magnesium yang ringan dan pengencang aluminium
ultra-ringan digunakan di seluruh mesin untuk mengurangi bobot lebih
lanjut.
- Sistem Pembuangan Titanium
R1M dilengkapi dengan sistem pembuangan yang diproduksi terutama dari titanium ringan. Knalpot midship yang kompak juga memusatkan massa rendah dalam
bingkai dan sedekat mungkin dengan pusat mesin, menciptakan penanganan
yang optimal.
Yamaha
assist dan slipper clutch digunakan untuk memberi pengendara lebih
percaya diri penurunan gigi saat memasuki tikungan agresif, sementara
masih lancar menangani torsi motor inline-empat keluaran R1M.
- MotoGP®-Level Controllability
Yamaha
Inertial Measurement Unit (IMU) menggunakan enam sumbu pengukuran:
sensor gyro yang mengukur pitch, roll, dan yaw, dan accelerometer yang
mengukur akselerasi dalam arah depan-belakang, atas-bawah, dan
kanan-kiri ... semua pada tingkat 125 kalkulasi per detik. IMU
berkomunikasi dengan ECU, yang mengaktifkan teknologi dalam Yamaha Ride
Control (YRC): Mode Daya, Sistem Kontrol Traksi, Sistem Kontrol Geser,
Sistem Kontrol Peluncuran dan Sistem Kontrol Pengangkatan yang
diperbarui dan Sistem Pergeseran Cepat baru dengan pencocokan-ulang. Semua sistem ini dapat disesuaikan dan dapat disimpan dalam empat preset dalam sistem YRC.
- Tingkat Pabrik GPS Telemetri
Fitur
lain yang eksklusif untuk R1M yang mengambil kontrol elektronik ke
tingkat berikutnya adalah Unit Kontrol Komunikasi unik Yamaha. Sistem onboard terdiri dari CCU dan antena GPS. Menjalankan data dapat direkam melalui pencatat data, dengan pemetaan saja dan waktu putaran otomatis yang dikelola oleh GPS. Data
ini kemudian dapat diunduh secara nirkabel ke aplikasi Android® atau
Apple® iOS® di mana ia dapat dianalisis, dan perubahan pengaturan dapat
dilakukan untuk kemudian diunggah ke R1M. Sistem eksklusif Y-TRAC Yamaha ini memberikan koneksi ke mesin
yang belum pernah terlihat di luar lubang balap pabrik, semakin
mengaburkan garis antara superbike produksi dan motor MotoGP®.
Power Delivery Mode (PWR), mirip dengan "D-Mode" sistem
sebelumnya, memungkinkan pengendara memilih dari empat pengaturan respon
katup-throttle untuk menyesuaikan preferensi dan kondisi berkendara,
menyesuaikan respons engine dan daya keseluruhan.
Sistem
Kontrol Traksi R1M (TCS) mengurangi putaran roda belakang saat keluar
dari sudut, menghitung perbedaan kecepatan roda dan dalam kaitannya
dengan sudut miring. Dengan meningkatnya sudut kemiringan, demikian juga jumlah
intervensi, dengan sepuluh pengaturan terpisah (nonaktif dan 1-9) yang
memungkinkan pengendara untuk memutar pada tingkat kontrol yang tepat
yang diperlukan.
Yamaha
Slide Control System (SCS) adalah yang pertama dari jenisnya pada
sepeda motor produksi dan datang langsung dari sepeda YZR-M1 MotoGP®. Ia
bekerja bersama dengan IMU, sehingga jika slide terdeteksi saat
berakselerasi selama kondisi hard condong, ECU akan masuk dan mengontrol
tenaga mesin untuk mengurangi slide. Ini juga dapat disesuaikan oleh pengendara, dengan empat pengaturan (1-3 dan off).
- Sistem Kontrol Angkat yang Diperbarui
Untuk
2018, Sistem Kontrol Pengangkatan R1M (LIF) diperbarui dengan pemetaan
yang lebih progresif untuk meningkatkan drive ke depan, maka sistem akan
campur tangan. Seperti sebelumnya, IMU mendeteksi tingkat pitch chassis dan ECU
mengontrol tenaga mesin untuk mengurangi roda depan saat akselerasi,
dengan empat pengaturan (1-3 dan nonaktif) untuk fine-tuning.
Sistem Kontrol Peluncuran R1M (LCS) membatasi rpm engine hingga 10.000 bahkan dengan throttle terbuka lebar. Ini
mempertahankan output engine yang optimal dalam hubungannya dengan
input dari sistem TCS dan LIF untuk memaksimalkan akselerasi dari awal
yang berdiri. Tiga tingkat pengaturan mengatur efek (1-2 dan nonaktif).
- Sistem Pergeseran Cepat Atas dan Bawah Baru
Quick
Shift System (QSS) yang baru pada 2018 YZF-R1M memiliki fitur kemampuan
downshifting serta memungkinkan upshifting tanpa cengkeraman
full-throttle. Pada
downshifts, ECU mencocokkan kecepatan engine pada setiap penurunan gigi
untuk perubahan gigi seketika dengan gangguan chassis minimal. The QSS dapat disesuaikan dengan tiga pengaturan (1-2 dan off), serta menghidupkan fungsi downshift dan mematikan.
- Pengangkutan Bahan Bakar Ride-by-Wire
Sistem
Yamaha Chip Controlled Throttle (YCC-T) tunggang-oleh-kawat mendeteksi
input throttle sedikit oleh pengendara dan secara instan menghitung
pembukaan katup throttle yang ideal, dan kemudian menggerakkan katup
throttle untuk secara aktif mengontrol volume asupan. R1M juga dilengkapi YCC-I® (Yamaha Chip Controlled Intake), sistem
asupan variabel yang memperluas penyebaran tenaga di seluruh rentang
rpm.
R1M
menampilkan meteran transistor film tipis (TFT) berwarna penuh yang
cemerlang, termasuk tekanan rem depan dan pembacaan g-force depan /
belakang, memberikan pengendara lebih banyak umpan balik dari mesin. Ini
fitur modus jalan dan modus trek yang berfokus pada informasi kinerja,
seperti pengaturan YRC, tampilan diperbesar dari tachometer di kisaran
rpm atas, timer lap dengan lap terbaik dan fitur lap terakhir, indikator
posisi gigi dan kecepatan .
- Suspensi Balap Elektronik Ohlins Eksklusif
R1M memiliki fitur Suspensi Balapan Elektronik Öhlins® yang sangat canggih. Unit
Kontrol Suspensi menerima data dari IMU seperti kecepatan kendaraan,
sudut miring, percepatan dan tekanan rem, kemudian dengan cepat
menyesuaikan redaman depan dan belakang secara real time untuk kinerja
suspensi optimal. Sistem
ini dilengkapi dengan beberapa mode baru untuk 2018: mode T-1 dan T-2
(Track) otomatis sekarang menampilkan pengaturan penyesuaian yang fokus
pada area tertentu, seperti pengereman, tikungan dan akselerasi, untuk
penyetelan yang efisien. R-1 (Jalan) menyederhanakan pengaturan ini untuk pengendaraan yang
berfokus pada jalan, dan tiga mode manual tetap untuk penyetelan
suspensi konvensional dengan peredaman tetap.
Bingkai
aluminium Deltabox® yang tipis, subframe magnesium, dan swingarm
aluminium yang disempurnakan berkontribusi pada desain chassis yang
ringan dan kompak, dengan geometri keseluruhan disempurnakan pada
racetracks di seluruh dunia. Dudukan motor yang kaku menggunakan mesin sebagai bagian dari
rangka yang ditekan untuk keseimbangan rigiditas yang optimal dan
kinerja menikung yang besar di trek balap.
- Tangki Bahan Bakar Aluminium
Tangki bahan bakar aluminium yang dipoles tangan beratnya kurang
dari 3,5 pon kurang dari tangki baja yang sebanding, mengurangi berat
keseluruhan secara keseluruhan, dan diukir untuk memberi pengendara
koneksi tubuh bawah yang lebih baik ke mesin.
Track yang dikembangkan balap ABS dan Unified Braking System memberikan kinerja pengereman maksimum. UBS
menghambat gerak ujung belakang yang tidak diinginkan saat pengereman
dengan mengaktifkan rem belakang saat rem depan diterapkan, dengan
distribusi gaya berdasarkan pada sikap sepeda dan sudut miring. 4-piston radial dipasang kaliper depan naik pada rotor 320mm besar untuk daya penghentian yang sangat baik.
- Roda Magnesium Siap Berlomba
Roda magnesium cor 10-berbicara lebih rendah rotasi massa sebesar
1,9 pound lebih dari model 2014, mengurangi berat unsprung untuk
perubahan arah cepat dan penanganan responsif.
- MotoGP® Styling dengan Detail R1M Unik
Gaya
dinamis YZR-M1 menciptakan profil yang lebih ringkas dengan peningkatan
aerodinamika, membuat Anda lebih dekat dengan MotoGP® daripada sepeda
motor produksi lainnya yang tersedia saat ini. Pengendara R1M diperlakukan dengan tingkat kesesuaian dan
penyelesaian yang lebih tinggi berkat bodywork serat karbon yang
dicocokkan dengan tangki bahan bakar yang dipoles tangan dan swingarm
aluminium.
Lampu depan LED ringan dan kompak, memungkinkan untuk desain yang lebih ramping dari muka depan. Sinyal
belok depan LED diintegrasikan ke dalam cermin untuk meningkatkan
aerodinamis, sementara lampu ekor LED bergaya dan sangat terlihat.
Comments
Post a Comment