Skip to main content

Selain Seamless Gearbox, Ini Dua Fitur Yang Bikin Pindah Gigi di MotoGP Mkain Halus

Gambar terkait


Di MotoGP komponen gearbox atau girboks tidak seperti di motor jalanan umumnya, karena mereka sudah memakai seamless gearbox.
Teknologi yang memungkinkan perpindahan gigi akan sangat halus dan lebih cepat tidak seperti motor biasa. Tapi teknologi seamless gearbox tiap pabrikan di MotoGP ini tersembunyi dalam selubung tiap pabrikan.

Hanya satu yang sempat terbongkar, yakni seamless gearbox tim Aprilia, karena mereka memakai girboks dari pabrikan lain, yakni Zeroshift Transmissions. Kembali ke perpindahan gir, seamless gearbox tak hanya menjadi kuncinya, tapi juga elektronik.

Dari BoxRepsol.com, di MotoGP ada 2 poin di elektronik yang sangat membantu pergantian gir yang terasa halus, pertama engine braking map. Meski menggunakan seamless gearbox, ternyata di MotoGP masih ada sedikit engine brake.

Hal itu terjadi saat pembalap melepaskan seluruh gas untuk memasuki tikungan dan mengurangi posisi gir. Di ECU MotoGP ada fitur engine brake mapping, tak percayakan? Biasanya di pit board Valentino Rossi ada kode BRK yang merupakan kode untuk engine braking map ini.

Gambar terkait

Engine braking map akan aktif saat sensor mendeteksi gas sudah dilepaskan, ECU akan langsung menyesuaikan ke mapping.
Tapi tak sesederhana itu, karena penyesuaian mapping ini juga memperhitungkan data dari tekanan ban belakang, suspensi, dan kemiringan motor.

Setelah pembalap menarik gas, mapping ini akan mati, dan dilanjutkan oleh kinerja ECU kedua, anti-jerk system. Teknologi anti-jerk yang berkaitan dengan ECU ini jika dibahasakan menjadi anti-hentakan. Ketika pembalap menarik throttle lagi setelah melambat.

Sprockets atau gir rantai perlu diaktifkan kembali untuk mendorong motor maju setelah sesaat tidak mendapatkan tenaga dari mesin.
Sedangkan rantai dan sistem transmisi tidak sepenuhnya kaku, melainkan sedikit fleksibel.

Di saat terjadi hentakan, akan semakin terlihat karena torsi MotoGP yang sangat besar. Saat pembalap memulai akselerasi, sensor yang terkait dengan sistem anti-jerk ini melihat tiga hal. Yakni, seberapa banyak gas yang digunakan pembalap, kecepatan dari putaran ban belakang, dan juga performa mesin.

Jika mendadak terdeteksi lonjakan yang mungkin menimbulkan hentakan, sistem otomatis menyesuaikan torsi hingga tingkat tertentu, bahkan terkadang hingga 100%. 

Comments

Popular posts from this blog

Akhirnya Desan Yamaha R25 Facelift Teungkap!!!

Yamaha diketahui sedang menyiapkan versi baru dari Yamaha R25. Langkah itu terdeteksi setelah tertangkap kameranya sosok motor baru dengan ciri-ciri mirip Yamaha R25 namun dengan beberapa part yang beda. Dari situ, mulailah muncul banyak dugaan dan renderan desain dari sosok Yamaha R25 facelift. Setelah cuma bisa menduga, akhirnya desain asli dari Yamaha R25 facelift terungkap. Desainnya ketahuan karena ternyata desain paten dari Yamaha R25 facelift ini bocor di dunia maya. Dari situ kelihatan jelas kalau area fascianya berubah. Di gen baru ini, desainnya lebih dekat ke keluarga R-series yang lain, di mana ada lubang di antara dua headlamp-nya. Meski belum diketahui, apakah lubang itu saluran udara, atau hanya variasi seperti pada Yamaha All New R15. Kemudian sokbeker depan fix pakai upside down, dan rem depannya menggunakan kaliper radial. Di area tangki, terlihat punya dua layer dan ada lubang-lubang mirip insang ikan hiu. Ke bawah, terlihat ada semacam finn di ...

AKHIRNYA KAWASAKI NEW NINJA ZX-10R 2019 RESMI DI PERKENALKAN. HORSEPOWER NAIK MENJADI 201 !!!

Kawasaki New Ninja ZX-10RR. Ternyata Kawasaki tidak berdiam diri melihat para rivalnya yang sudah melakukan upgrade pada bagian mesin maupun desain. Terbukti kemrin Kawasaki Eropa memperkenalkan update Kawasaki Ninja ZX-10R untuk versi 2019. Versi terbaru ini mendapatkan beberapa revisi yang membuat motor jadi lebih powerfull dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Salah satunya adalah pengaplikasian komponen connecting Rod yang kini menggunakan Titanium. Dengan demikian RPM Kawasaki New Ninja ZX 10RR 2019 mampu berlari lebih kencang lagi dibandingkan dengan versi sebelumnya, sehingga power tembus 201 HP atau naik 3 horsepower dibandingkan dengan old gennya. Beberapa bagian di revisi ulang oleh pabrikan asal Jepang untuk meningkatkan tekanan performa termasuk peningkatan handling, dengan hadirnya perangkat electronic suspension Kawasaki New Ninja ZX10RR. Kawasaki sendiri melakukan peningkatan sentuhan pada bagian valve atau katup dengan tujuan untuk mengurangi 20% beban kom...