Skip to main content

Honda CBR 1100XX Yang Akan Lawan Suzuki Hayabusa

Hasil gambar untuk CBR 1100XX


Pada akhir tahun 1996, sebuah motor kelas atas Honda menetas: Honda CBR1100XX Super Blackbird, si burung hitam. Sebuah motor dengan kubikasi 1.137 cc dengan mesin empat silinder inline yang dipasang di sasis aluminium, motor ini terlahir tanpa cacat. Tidak melebih-lebihkan, karena saat itu, motor ini dipuja dengan build quality hingga kenyamanan berkendara yang bagus.

Cepat adalah kata yang tepat untuk si burung hitam ini, karena saat itu Blackbird langsung mencetak rekor sebagai motor produksi tercepat.Honda, membuat Honda CBR1100XX Super Blackbird untuk menandingi Kawasaki yang memegang rekor motor tercepat dengan Kawasaki Ninja ZX-11.

CBR1100XX ini menjadi motor dengan label CBR dengan kubikasi tertinggi sampai saat ini. Persaingan kecepatan tidak berhenti di tangan Honda, burung hitam Honda ini akhirnya memicu bangunnya sang rival, Suzuki.
Mendandai berakhirnya dekade 1990-an, Suzuki GSX1300R Hayabusa muncul dan menjadi pesaing utama dari Honda CBR1100XX Super Blackbird.

Hasil gambar untuk CBR 1100XX

Hayabusa sendiri berarti burung 'Peregrine Falcon', merupakan salah satu jenis burung elang yang tercepat di dunia. Risau mengenai perang kecepatan yang akan terus berlanjut, akhirnya para petinggi pabrikan membuat jalan keluar.
Di dekade baru, muncul 'gentleman's agreement' antara para petinggi pabrikan untuk menghentikan pertarungan pembuatan motor cepat ini.

Pada tahun 2000, di tonggak era milenium, para produsen setuju untuk membatasi kecepatan motor produksi masal di kecepatan 186 mil/jam atau 300 km/jam.Setelah 18 tahun, sekarang para produsen yang hadir dalam perjanjian tak resmi itu masih mematuhi hasil pertemuan itu.

Comments

Popular posts from this blog

Akhirnya Desan Yamaha R25 Facelift Teungkap!!!

Yamaha diketahui sedang menyiapkan versi baru dari Yamaha R25. Langkah itu terdeteksi setelah tertangkap kameranya sosok motor baru dengan ciri-ciri mirip Yamaha R25 namun dengan beberapa part yang beda. Dari situ, mulailah muncul banyak dugaan dan renderan desain dari sosok Yamaha R25 facelift. Setelah cuma bisa menduga, akhirnya desain asli dari Yamaha R25 facelift terungkap. Desainnya ketahuan karena ternyata desain paten dari Yamaha R25 facelift ini bocor di dunia maya. Dari situ kelihatan jelas kalau area fascianya berubah. Di gen baru ini, desainnya lebih dekat ke keluarga R-series yang lain, di mana ada lubang di antara dua headlamp-nya. Meski belum diketahui, apakah lubang itu saluran udara, atau hanya variasi seperti pada Yamaha All New R15. Kemudian sokbeker depan fix pakai upside down, dan rem depannya menggunakan kaliper radial. Di area tangki, terlihat punya dua layer dan ada lubang-lubang mirip insang ikan hiu. Ke bawah, terlihat ada semacam finn di ...

AKHIRNYA KAWASAKI NEW NINJA ZX-10R 2019 RESMI DI PERKENALKAN. HORSEPOWER NAIK MENJADI 201 !!!

Kawasaki New Ninja ZX-10RR. Ternyata Kawasaki tidak berdiam diri melihat para rivalnya yang sudah melakukan upgrade pada bagian mesin maupun desain. Terbukti kemrin Kawasaki Eropa memperkenalkan update Kawasaki Ninja ZX-10R untuk versi 2019. Versi terbaru ini mendapatkan beberapa revisi yang membuat motor jadi lebih powerfull dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Salah satunya adalah pengaplikasian komponen connecting Rod yang kini menggunakan Titanium. Dengan demikian RPM Kawasaki New Ninja ZX 10RR 2019 mampu berlari lebih kencang lagi dibandingkan dengan versi sebelumnya, sehingga power tembus 201 HP atau naik 3 horsepower dibandingkan dengan old gennya. Beberapa bagian di revisi ulang oleh pabrikan asal Jepang untuk meningkatkan tekanan performa termasuk peningkatan handling, dengan hadirnya perangkat electronic suspension Kawasaki New Ninja ZX10RR. Kawasaki sendiri melakukan peningkatan sentuhan pada bagian valve atau katup dengan tujuan untuk mengurangi 20% beban kom...

Selain Seamless Gearbox, Ini Dua Fitur Yang Bikin Pindah Gigi di MotoGP Mkain Halus

Di  MotoGP  komponen gearbox atau girboks tidak seperti di motor jalanan umumnya, karena mereka sudah memakai  seamless gearbox . Teknologi yang memungkinkan perpindahan gigi akan sangat halus dan lebih cepat tidak seperti motor biasa. Tapi teknologi  seamless gearbox  tiap pabrikan di  MotoGP  ini tersembunyi dalam selubung tiap pabrikan. Hanya satu yang sempat terbongkar, yakni  seamless gearbox  tim Aprilia, karena mereka memakai girboks dari pabrikan lain, yakni Zeroshift Transmissions. Kembali ke perpindahan gir,  seamless gearbox  tak hanya menjadi kuncinya, tapi juga elektronik. Dari BoxRepsol.com, di MotoGP ada 2 poin di elektronik yang sangat membantu pergantian gir yang terasa halus, pertama  engine braking map . Meski menggunakan  seamless gearbox , ternyata di MotoGP masih ada sedikit  engine brake. Hal itu terjadi saat pembalap melepaskan seluruh gas untuk memasuki tikungan ...